Friday, December 2, 2011

Who am I?

Siapakah saya? Kadang-kadang muncul pikiran tersebut didalam pikiran saya ketik saya sedang merasa tertekan dan kesepian. Saya adalah salah seorang mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya jurusan Sistem Informasi. Sekarang saya akan memperkenalkan  nama saya. Nama saya adalah Winardi Halim. Saya lahir di Banjarmasin pada tanggal 7 Agustus tahun 1994 di keluarga yang menurut saya  bahagia dan cukup beruntung.. Saya mempunyai seorang adik laki-laki bernama Edward Jayadi Halim. Umur saya dengan dia terpaut cukup jauh hampir sekitar 8 tahun. Saya bersekolah TK sampai SMP di Banjarmasin.

Ketika TK, saya berhasil loncat kelas karena saya sudah bisa membaca dengan mahir daripada teman-teman saya. Lalu, mulai masuk SD saya sudah dikenalkan dengan permainan-permainan yang membuat saya menjadi malas. Menjelang masuk SMP saya sudah mengenal game online. Pada masa-masa itu, saya tergila-gila dengan game. Hampir setiap hari saya bermain game di game center dan jarang pulang ke rumah. Pada saat ujianpun saya jarang sekali belajar malah pergi ke game center untuk bermain game. Namun semua itu berubah setelah saya lulus SMP. Saya harus jauh dari orang tua dan adik saya karena pindah ke Surabaya. Saya pindah ke Surabaya untuk melanjutkan SMA. Di Surabaya, saya belajar untuk hidup mandiri dan mulai belajar untuk bertanggung jawab. Semakin berjalannya waktu masalah banyak timbul. Masalah paling banyak muncul ketika sekolah. Mulai dari masalah pelajaran, lingkungan, teman, perasaan kangen orang tua dan banyak lagi. Setelah berjalan seiringnya waktu, mental sayapun sudah terlatih. Saya mampu menjadi orang yang lebih baik dan lebih memiliki rasa untuk bersaing.

Setelah lulus SMA sebenarnya saya ingin bersekolah di luar negeri di Nanyang teknologi University tetapi karena saya tidak diterima saya akhirnya memilih universitas di Indonesia. Pilihan saya ketika harus SNMPTN adalah universitas tetangga. Namun, sepertinya Tuhan sudah memberikan jalan yang terbaik karena saya sudah diterima di universitas penuh perjuangan ini yaitu ITS.  Di ITS, saya berhasil diterima di jurusan Sistem informasi. Pada awalnya saya bingung apa itu jurusan Sistem informasi. Tetapi, setelah saya jalani mata kuliah yang diberikan sangatlah berguna bagi kehidupan saya mendatang. Setelah saya pikir-pikir ternyata jurusan inilah yang saya cari-cari selama ini. Inilah cerita pendek dari riwayat hidup saya. Setelah saya menceritakan sedikit mengenai riwayat hidup saya, sekarang saya akan menuliskan sifat-sifat saya yang saya tahu dan menurut teman-teman saya. Sebenarnya sifat-sifat kita itu terbagi menjadi 4 area.

Yang pertama adalah open/free area, blind area, hidden area, dan uknown area. Open area/free area itu artinya kita sendiri tahu dan orang lain juga tahu. Sekarang saya akan berbicara mulai  dari diri saya sendiri. Saya adalah orang yang hiperaktif/ tidak bisa diam, suka humor, suka main, periang, dan agak malas. Dari teman-teman saya, mereka mengatakan bahwa saya itu friendly, asik, kadang egois, kreatif, gabisa diem, mampu beradaptasi dan sebagainya. Sedangkan di blind area itu adalah bagian yang kita kadang lupa bahwa sebenarnya kita itu memiliki sifatitu. Contohnya saja ternyata saya cuek kalo tidak kenal, berpikir cepat, kurang peka, bisa menjadi pemimpin dan banyak lagi.Untuk hidden area dan unknown  area biasanya adalah sifat yang orang-orang tidak tahu kalo saya ternyata seperti itu. Contohnya saja seperti ternyata saya orangnya susah untuk mengalah dan sebagainya. Setelah mengetahui sifat saya, ada baiknya saya memberitahukan kekurangan dan kelebihan saya.

Yang pertama adalah kekurangan saya, karena biasanya orang lebih menyadari kekurangan mereka daripada kelebihan mereka. Kekurangan dari diri saya adalah mungkin saya kadang terlihat seperti orang yang sombong, tidak mau menerima kekalahan, terkadang susah untuk focus, sering menunda pekerjaan, malas, kadang bisa menjadi egois, kadang kurang percaya diri, kadang bisa cuek, terkadang bisa menjadi sangat boros, emosian, dan sebenarnya masih banyak lagi. Sekarang ini adalah kelebihan dari diri saya. Yang pertama saya mungkin walupun emosian tapi saya mudah untuk memaafkan orang lain, cepat mendapat apa yang disampaikan, bersemangat ketika mengerjakan apa yang disukai, tidak pantang menyerah dan tidak terlalu suka untuk mengeluh. Mungkin hanya segini yang saya ketahui dari kelebihan dan kekurangan pada diri saya. Oleh karena itu, saya akan berusaha menjadi lebih baik lagi walupun dengan kekurangan saya yang begitu banyak tersebut. Kalau bisa saya ingin kekurangan saya suatu saat bisa menjadi kelebihan bagi saya. Oh ya, saya lupa menuliskan cita-cita saya. Sekarang saya akan menuliskan cita-cita saya. Cita-cita saya adalah menjadi orang yang sukses dalam segala hal dan saya ingin menjadi pemimpi. Orang-orang yang meinspirasi cita-cita saya adalah ayah saya dan mantan CEO Apple Steve Jobs. Mereka adalah orang-orang yang luar biasa yang sangat menginspirasi kehidupan saya.

Dengan acara PraTD dan esai ini kita sebagai mahasiswa ITS dituntut untuk bisa lebih mengenal diri masing-masing agar kita mampu untuk memperbaikinya dan menjadi orang-orang yang kita impikan selama ini. Selain itu setelah kita mampu mengenal diri kita, kita pasti mampu untuk mengasah potensi tersembunyi dari diri kita

No comments:

Post a Comment