Tuesday, December 20, 2011

LKMM PRA-TD (Hari ke-2)


Halo teman-teman semua…. Kali ini saya akan melanjutkan postingan saya yang sebelumnya. Pada hari kedua di LKMM pra-TD ini para peserta tetap diminta untuk datang jam 6 pagi. Namun untuk kali ini banyak yang datang agak telat, karena sudah tahu jam masuk yang sebenarnya sekitar jam 8. 
 sumber: www.google.co.id
Pada hari kedua ini, kita mendapatkan materi yang masih bersangkutan dengan materi sebelumnya yaitu A.K.U. Pada sesi pertama di hari kedua, kita mendapatkan materi mengenai S.R.K. S.R.K ini merupakan singkatan dari Sasaran, Resiko, dan Konsekuensi. Didalam materi ini kita diajarkan untuk mengetahui apa sih sebenarnya sasaran kita untuk kedepannya. Setelah kita dapat menentukan sasaran kita harus dapat mengetahui resiko-resiko apa saja yang terjadi bila kita melakukan hal itu. Tetapi kalau bisa resiko yang didapatkan juga memberikan efek positif pada diri kita yang dapat menutupi efek negatifnya. Setelah mengetahui resiko itu kita juga harus tahu konsekuensi kita saat tujuan kita tidak tercapai ataupun tercapai. Dalam konsekuensi kita harus dapat mempertanggung jawabkannya. Materi yang memotivasi ini disampaikan oleh pemateri yang luar biasa yaitu mbak Ika Nurkasanah. 

Setelah itu dilanjutkan oleh materi kedua yaitu pengenalan diri. Materi ini disampaikan oleh mbak Rachmadian Martha Pratiwi. Dalam materi ini kita dikenalkan dengan beberapa sifat-sifat orang dengan kelebihan dan kekurangannya. Yang pertama adalah sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam sifat diri kita tersebut. Namun, karena waktunya terbatas maka hanya dijelaskan keempat sifat ini saja. 

Pada sesi yang ketiga ini, pemateri yang memberikannya bukan lagi dari kakak kelas tetapi kali ini langsung dari seorang dosen. Materi ini yaitu pengembangan diri dan pematerinya adalah Pak Nisfu Asrul Soni. Dalam materi ini kita diajarkan untuk dapat mengembangkan diri kita menjadi lebih baik. 

Dan materi terakhir yaitu PRIBADI & ORGANISASI di bawakan oleh mas Aska Aprianta. Materi ini membuat kita paham pentingnya kehidupan berorganisasi juga. Jadi, sebagai mahasiswa selain kuliah kita juga harus mampu berorganisasi dengan baik sehingga nantinya dapat berguna bagi orang lain. 

Setelah materi yang terkahir selesai, semua peserta kembali dikumpulkan untuk acara penutupan. Penutupan kali ini diselenggarakan di gedung teknik informatika. Kita diminta untuk membentuk huruf FTIF dengan tali rafia dan tubuh kita. Setelah acara itu, kita masuk ke dalam aula untuk acara pemberian penghargaan bagi mahasiswa teraktif yang ada.

No comments:

Post a Comment