Friday, December 2, 2011

PATRIOT


Kalau mendengar kata-kata Patriot kita pasti berpikir mengenai pahlawan atupun pejuang. Memang tidak salah namun kali ini PATRIOT bukanlah seorang pejuang ataupun pahlawan tetapi seseorang yang mampu memiliki enam cara untuk mengubah dunia. Lihat saja Indonesia yang sekarang. Masih banyak pengangguran, fakir miskin dimana-mana, koruptor, dan banyak lagi yang lainnya.

Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk unjuk gigih bersaing dengan Negara-negara besar di kancah Internasional melalui kekayaan alamnya yang begitu berlimpah dan sumber daya manusianya. Kekayaan alam negeri kita ini banyak tetapi kita tidak memaksimalkannya, sehingga malah negara-negara lain yang memanfaatkannya untuk kepentingan dan keuntungan mereka sendiri. Maukah kalian tetap seperti ini??? Inginkah Indonesia kembali lagi dijajah seperti dahulu??? Kalau tidak, kita teriakan kata-kata “ KITA HARUS MEMILIKI JIWA PATRIOT”. 

PATRIOT adalah singkatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan tanggung jawab. Keenam kunci ini sebenarnya sangat berkaitan dan saling melengkapi. Bagaimana caranya supaya kita bisa menjadi seperti itu?? dan apa ciri dari orang-orang yang seperti itu??? Pertama adalah prestatif. Prestatif itu sendiri artinya adalah mampu mendapatkan banyak prestasi dalam berbagi bidang. Untuk menjadi mahasiswa prestatif yang pertama kita harus mampu mengenal diri kita sendiri dengan baik terlebih dahulu. Setelah itu, baru kita mulai menggali potensi-potensi yang ada didalam diri kita. Lalu, potensi-potensi tersebut kita kembangkan semaksimal mungkin baik itu potensi yang sudah benar-benar kelihatan, maupun yang masih belum kelihatan. Dengan memaksimalkan potensi dalam diri kita, kita dapat meraih banyak prestasi. Tetapi sebenarnya kita juga harus berani dan yakin untuk mengikuti lomba-lomba ataupun kejuaran-kejuaran yang ada. Dengan itu kita dapat menjadi mahasiswa prestatif. Setelah itu yang kedua adalah mahasiswa yang aktif. Untuk menjadi mahasiswa yang aktif sebenarnya gampang sekali, cukup bermodal rasa percaya diri, berani dan rasa ingin tahu. Dengan tiga modal itu saja saya yakin ada pasti menjadi mahasiswa yang aktif. Aktif dalam kegiatan, aktif dalam berorganisasi, aktif dalam lingkungan social dan masih banyak lagi. Setelah itu yang ketiga, Mahasiswa harus tanggap. Disini maksudnya tanggap itu adalah kita mempunyai inisiatif untuk berubah maupun untuk berubah. Contohnya saja dengan Negara kita ini, sekarang sudah banyak mahasiswa yang kurang tanggap terhadap negaranya sehingga Negara kita yang sekarang ini dapat lebih berkembang. Keempat adalah kritis.

Mahasiswa harus mampu mengkritis masalah-masalah yang sering terjadi. Dengan sifat yang kritis, kita dapat merubah dunia seperti pada tahun 1998 saat mantan presiden Soeharto dapat digulingkan pemerintahannya oleh mahasiswa. Pada saat itu banyak aturan-aturan yang sangat merugikan dan korupsi yang gila-gilan, mahasiswa yang kritis mampu berbicara didepan umum dan mengkritik para petinggi untuk bisa berubah menjadi lebih baik. Namun, jika tidak bisa secara baik-baik kebanyakan mahasiswa menggunakan demo sebagai sarananya. Yang kelima adalah mahasiswa yang visioner. Sebelumnya saya belum menjelaskan apa itu visioner. Mahasiswa yang visioner itu adalah mahasisw yang mampu melihat ke depan atau bisa dibilang mahasiswa yang beripikir untuk jauh kedepannya bagi bangsa dan Negara. Untuk menjadi visioner kita harus memiliki kunci-kunci sebelumnya terlebih dahulu yaitu menjadi mahasiswa yang prestatif, aktif, tanggap, dan kritis. Ketika kita sudah memiliki keempat kunci tersebut kita mampu menjadi seorang mahasiswa yang visioner. Dengan kemampuan kita yang ada kita mengembangkan sesuatu yang kedepannya dapat merubah dunia dan membuat Negara menjadi lebih makmur dan terbebas dari kemiskinan serta penjajahan. Untuk menjadi mahasiswa visioner, kita membutuhkan kerja keras dan perjuangan yang lebih dan kepedulian yang luar biasa untuk bangsa dan Negara. Lalu yang terkahir adalah bertanggung jawab. Tanpa kunci ini semua kunci itu akan menjadi sisa-sia. Sebagai mahasiswa kita harus bertanggung jawab. Karena, di pundak kita semua ini para mahasiswa terpikul tanggung jawab yang sangat luar biasa berat daripada ketika waktu kita SD,SMP, dan SMA. Di pundak para mahasiswa ini, tanggung jawab untuk mampu merevolusi dunia ini untuk menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, jika seorang mahasiswa tidak memiliki tanggung jawab dia sama saja bukan mahasiswa tetapi sama seperti siswa ketika menginjak bangku SMA. Ketika memasuki perkuliahan kita berubah menjadi mahasiswa bukanlah lagi siswa. Karena kita sudah dianggap dewasa dan mampu berpikir jauh lebih baik untuk bangsa dan Negara kita pada saat ini. Contoh mahasiswa PATRIOT yang sudah ada di ITS, seperti mas Ferdi lulusan Teknik Kimia. Mas Ferdi adalah seorang mawapres yang banyak mendulang prestasi bagi Indonesia. Sekarang saja dia sudah mendaptkan banyak penghargaan  untuk Negara dan dirinya dengan barang-barang yang berhasil dia ciptakan melalu PKM. Oleh karena itu, diharapkan kita mampu menjadi seorang mahasiswa yang PATRIOT yang mampu merubah dunia!

No comments:

Post a Comment