Tuesday, December 20, 2011

Character building


Halo semuanya kali ini saya akan memposting kuliah tamu yang baru saya dapatkan mengenai character building.

Hmmm. Kita pasti sudah pernah dan sering mendengar kata-kata character building ini. Biasanya dalam kehidupan kita, kita harus mempunyai character yang kuat untuk dapat menjadi yang terbaik. Materi pada kuliah tamu kali ini adalah character building terutama dalam penampilan kita, cara berpakaian kita, cara berjalan, cara duduk, dan sebagainya. Awal mulanya saya berpikir untuk apa sih belajar materi ini. Saya berpikir untuk berpakaian kita hanya cukup rapi saja dan sesuka kita. Tetapi, ternyata setelah saya mengikuti kuliah tamu ini saya lebih memahami dan mengerti.

Kuliah tamu pada tanggal 16 Desember 2011 ini dibawakan oleh seorang wanita cantik yang bernama Aurelia Agatha atau bisa dipanggil dengan Miss Agatha. Miss Agatha bekerja sebagai front office di hotel yang cukup terkenal yaitu J.W Mariot. Seluruh mahasiswa harus berpakaian dengan rapid seperti office look. Kita diminta untuk memakai kemeja, dasi, celana kain, sepatu pantovel, dan kalau ada kita bisa memakai jas.

Pada awal materi Miss Agatha bertanya kenapa penampilan itu penting?? Padahal ada pepatah yang mengatakan bahwa “ Don’t Judge Book by its cover”. Ternyata pernyataan itu hampir tidak sama dengan dunia nyata pada saat ini. Ketika kita bekerja atau menjadi pemimpin kita harus mampu berpenampilan yang rapi dan menarik. Miss Agatha juga bercerita bahwa dia pernah ditolak lamaran kerjanya bukan karena nilai kuliahnya, melainkan hanya karena cara dia berjalan dan berpakaiannya saja. Selain itu, kita juga diperlihatkan video betapa pentingnya penampilan seseorang dimata orang lain. 

Setelah bagaimana cara berpakaian yang baik dan rapi, kita juga diberikan materi mengenai cara berjalan yang baik dan cara duduk yang baik. Karena saya laki-laki, maka saya akan memberikan sedikit tips untuk para laki-laki bagaimana duduk yang baik. Ketika duduk minimal ada jarak dari punggung kita ke sandaran kursi. Lalu, kita harus duduk dengan tegap. Dan kalau kita mengangkat kaki/ menyilangkan kaki alas sepatu kita tidak boleh sampai kelihatan.

Selain itu, kita juga diberikan materi bagaimana cara masuk dan menutup pintu dengan benar. Ketika membuka dan menutup pintu lebih baik posisi kita selalu menghadap orang yang akan menajadi lawan bicara kita atau orang yang ada didalam ruangan agar lebih terasa tidak membelakangi dan lebih sopan. Kita juga diajarkan bagaimana cara membawa dokumen proposal atau dokumen-dokumen penting lainnya dan juga cara menyerahkannya kepada orang penting.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang diajarkan oleh Miss Agatha. Namun, sekian dulu dari postingan saya. Semoga bisa berguna bagi kita semua. Terima kasih!!

No comments:

Post a Comment