Tuesday, December 6, 2011

Keterampilan Interpersonal



 sumber: www.facebook.com


Pasti anda pernah mendengar keterampilan interpersonal.. Biasanya ini menyangkut dengan soft skill kita ataupun kepribadian kita. Di dalam dunia kerja bukan hanya kepandaian ataupun kecerdasan yang dipentingkan. Namun, Soft skill juga sangat penting ketika bekerja. Biasanya sebelum bekerja di sebuah perusahaan orang-orang diberi test untuk mengetahui soft skill mereka masing-masing. Oleh karena itu, pelajaran keterampilan interpersonal sangat penting bagi kita. 

Di jurusan Sistem Informasi ITS, keterampian interpersonal itu sampai dijadikan mata kuliah untuk mengasah soft skill para mahasiswa sejak dini. Mungkin sebagian mahasiswa awalnya merasa mata kuliah keterampilan interpersonal ini kurang penting (termasuk saya tapi sekarang sudah tidak.. hehehe). Dalam mata kuliah interpersonal ini kita diajarkan berbagai macam untuk mengatur kepribadian kita. Yang pertama kita diajari untuk berpakaian yang rapi , Lalu, yang kedua kita belajar untuk berbicara di depan orang lain/ tepatnya didepan umum. Ketiga, kita harus berani untuk tampil di depan umum dengan percaya diri yang tinggi walaupun itu memalukan bagi kita. Selain itu juga, kita diajarkan untuk bersosialisasi di masyarakat. 

Mata kuliah KI (Keterampilan Interpersonal) terbagi menjadi dua. Pertama, mata kuliah kelas dan yang kedua mata kuliah praktek di luar kelas. Ketika mata kuliah di kelas, kita diberikan materi-materi seperti cara berpresentasi, menulis, mambaca cepat dan banyak lagi. Sedangkan pada KI praktek , kita belajar diluar kelas dengan berbagai macam permainan yang mengandung banyak pembelajaran. Setelah selesai bermain game, kita diminta untuk membuat sebuah template untuk menceritakan apa saja pelajaran yang kita dapatkan dari permainan tadi. Karena pembelajarannya yang menarik jadi mudah untuk diingat setiap mahasiswa dan bisa langusng mempraktekkannya.. Pokoknya ada KI semua Happy!!!! hehehe

No comments:

Post a Comment