Tuesday, December 20, 2011

LKMM PRA-TD (hari pertama)


Halo semuanya, kali ini saya akan ngepost mengenai pelajaran-pelajaran yang saya dapat dari LKMM PRA-TD. Kalian pasti bingung apa itu LKMM PRA-TD. LKMM PRA-TD itu adalah latihan keterampilan manajemen mahasiswa tingkat dasar. Di sini kita belajar untuk memanajemen diri kita agar mampu menjadi mahasiswa yang PATRIOT (prestatif, aktif, tanggap, kritis, tanggung jawab, visioner). Pada post saya sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu PATRIOT.. hehehe.. 
 LKMM PRA-TD ini sangat penting untuk para mahasiswa, jadi setiap mahasiswa tahun 2011 dari seluruh fakultas pasti mendapatkannya. Sebelumnya sudah banyak fakultas-fakultas yang sudah menyelenggarakannya dan akhirnya pada tanggal 10-11 Desember 2011 ini gilirannya Fakultas Teknologi Informasi untuk mendapatkan LKMM PRA-TD. FTIF (Fakultas Teknologi Informasi) terdiri dari dua jurusan, yaitu jurusan SI (Sistem Informasi) dan TC (Teknik Informatika). Seluruh mahasiswa dibagi menjadi perkelas dan ditempatkan di dua tempat yaitu gedung SI dan gedung TC. Jadi, kita semua diacak dan terbagi-bagi menjadi 6 kelas di SI (kelas 1-6) dan 7 kelas di TC (kelas7-13). Pembukaan acara pertama kali di buka di gedung Sistem Informasi. Pada pembukaan diberikan bahwa tema LKMM PRA-TD tahun ini adalah PATRIOT. Jadi, kita diharapkan setelah mengikuti ini akan menjadi mahasiswa yang PATRIOT
 
Pada hari pertama, kita semua diminta datang jam 6 pagi. Tapi ternyata acaranya dimulai jam setengah 8 lebih sampai jam 17.00. Dari awal acara kita diberikan materi pembukaan yaitu mengenai tema LKMM PRA-TD itu sendiri PATRIOT. Pada sesi ini kita dijelaskan apa itu prestatif, aktif, bertanggung jawab, visioner, tanggap, dan kritis. Prestatif itu memiliki arti mencapai sesuatu yang lebih baik, Aktif berarti kita aktif dengan ketulusan hati kita bukan dengan adanya pengaruh dari orang lain, tanggung jawab artinya keadaan wajib untuk menanggung segala sesuatu yang dilakukan, Tanggap berarti segera mengetahui keadaan dan memperhatikannya, kristis berarti bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan/kekeliruan secara tajam, dan yang terakhir adalah visioner yaitu memiliki pandangan jauh ke depan.   Setelah itu sesi kedua dilanjutkan dengan materi yang sangat menarik yaitu PERSEPSI. Materi ini disampaikan oleh Mas Ahmad Taufiqul Hafizh. Setelah mendapatkan materi ini, kita dapat mengetahui arti persepsi itu yaitu memandang atau menilai sesuatu tanpa adanya data. Selain itu, persepsi ini memiliki beberapa factor-faktor yang mempengaruhi. Setelah itu, pada sesi ketiga kita mendapatkan materi megenai logika berpikir. Materi LOGIKA BERPIKIR ini disampaikan oleh Mas Agus Budi Raharjo. Dalam materi ini, kita diberitahu cara berpikir dengan benar dan factor-faktor yang mempengaruih logika berpikir kita. Setelah itu, pada sesi berikutnya kita mendapatkan materi MENDENGAR AKTIF oleh mas Yoga A.Prasetya. Materi ini sangat menarik untuk dapat menjadikan kita menjadi pendengar yang baik. Pada Materi keempat yaitu BERBICARA AKTIF disampaikan oleh Mas Deno (Ketua HMSI). Pada materi ini kita banyak mendaptkan cara-cara untuk berbicara yang membuat orang menjadi tidak bosan dan pesan yang ingin kita sampaikan tercapai Yang terakhir adalah materi A.K.U yang disampaikan oleh mas Alifi Adia Pranatha. Seluruh materi disampaikan secara menarik dan sangat memotivasi, sehingga para pesertanya tidak mudah bosan dan sangat memperhatikan.

No comments:

Post a Comment