Thursday, December 22, 2011

Soto Banjar

www.google.com

 Hai teman-teman semua. Kali ini saya akan memposting mengenai makanan khas dari daerah asal yaitu Banjarmasin. Makanan ini mungkin cukup banyak dikenal dimana-dimana karena rasanya yang khas dan enak. Makanan ini yaitu adalah Soto Banjar.

Soto Banjar adalah soto khas dari suku Banjar, Kalimantan Selatan. Bahan utama dari Soto Banjar ini adalah ayam dan memiliki harum rempah-remaph dan kayu manis, biji pala, serta cengkeh. Soto Banjar ini dapat berisi ayam kampung atau ayam ras. Ayam yang sudah direbus dipotong lalu disuwir-suwir daginya yang putih. Setelah itu diberi telur, perkedel atau kentang, dan Suun.

Seperti halnya sama soto ayam, bumbu dari soto banjar berupa bawang merah, bawang putih, dan merica, tapi tidak menggunakan kunyit. Bumbu yang dikumpulkan ditumis terlebih dahulu dengan minyak goreng sampai harum sebelum dimasukkan kedalam kuah ayam. Rempah-rempah yang dimasukkan tidak diangkat ketika diangkat.
www.google.com

Di Banjarmasin terdapat beberapa tempat yang sangat enak untuk menikmati soto Banjar yang cukup murah tetapi sangat enak yaitu soto bang Amat yang berada di bawah jembatan di jalan Benua Anyar RT 22 No.55. Menurut banyak orang disana merupaka soto banjar yang paling enak. Rasa soto banjar yang disajikan sangat pas sehingga sangat enak ketika dimakan. Setelah itu, disana selain menjual soto juga menjual sate. Sehingga kita bisa makan soto sambil makan sate. Pemandangan yang diberikan juga cukup bagus, kita bisa melihat sungai dengan kapal-kapal yang lalu lalang.

Selain itu, saya juga punya soto favorite juga selain soto bang amat yaitu soto kenanga di jalan kuripan. Menurut saya, rasa soto kenanga ini juga sangat enak. Soto ini memilih bahan utamanya yaitu ayam kampung. Oleh karena itu banyak anak-anak yang memiliki allergi ayam ras memilih untuk makan disini. Selain itu telurnya juga sangat enak beda seperti telur biasa karena rasanya hampir mirip dengan telur pindang. Memang, tempatnya tidak seperti di soto bang amat dan tidak ada satenya. Tetapi menurut saya tetap saja sangat enak

No comments:

Post a Comment