Tuesday, December 20, 2011

Presentasi

Halo teman-teman semua.. ketemu lagi dengan saya. Hehehe. Pada postingan kali ini saya akan membahas apa yang saya dapat ketika saya kuliah KI (Keterampilan Interpersonal) pada beberapa minggu yang lalu. 

            Semua orang pasti tahu apa itu presentasi. Hampir setiap orang pasti pernah berpresentasi. Bahkan survey membuktikan saja hampir beribu-ribu orang di seluruh dunia melakukan presentasi dihari yang sama. Namun selama ini masih banyak dari kita yang menganggap presentasi itu kurang penting. 

            Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa sih presentasi itu. Menurut dari beberapa web yang saya cari, presentasi itu adalah suatu kegiatan berbicara di depan orang banyak untuk membujuk, memberikan informasi, dan meyakinkan para pendengarnya. Presentasi dan pidato sama-sama berbicara didepan orang banyak. Namun, kalau pidato biasanya untuk politik dan acara-acara resmi saja sedangkan presentasi tidak. 

            Dalam berpresentasi biasanya orang-orang menggunakan alat bantu yang pasti sudah kita kenal semua yaitu power point. Sebenarnya tanpa menggunakan power point pun kita bisa berpresentasi tetapi dengan menggunakan power point kita dapat menarik perhatian dari para pendengar agar paham dengan informasi yang kita berikan.

            Pada zaman sekarang ini, semua yang kita lakukan hampir semuanya berhubungan dengan presentasi. Mulai dari sekolah, kuliah sampai bekerja dan terutama perkerjaan dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, presentasi sangat berpengaruh dalam menggait konsumen ataupun investor. Jika presentasi yang kita berikan kurang bagus ataupun kurang mengena maka akan merugikan kita juga. Oleh karena itu, presentasi itu penting. 

            Sekarang kita sudah tahu bahwa sebenarnya presentasi itu penting, tetapi bukan hanya sekedar tahu itu saja melainkan juga harus tahu bagaimana sih berpresentasi yang baik dan menarik itu. Menurut dari mata kuliah yang saya dapatkan, untuk membuat presentasi menjadi menarik itu diawali dengan pembuatan power pointnya. Power point dibuat dengan lebih banyak menggunakan gambar dan point-point saja bukan seperti waktu dulu ketika kita SMP atau SMA yang membuat power point seperti power paragraph saja (karena isinya semua tulisan sampai penuh dan tulisannya kecil-kecil). Selain power point, kita juga harus dapat menyampaikan materi kita dengan baik. 

           Caranya adalah dengan terus berlatih dan benar-benar menguasai materi agar rasa gugup atau tegang menjadi berkurang atau hilang. Selain itu, alangkah baiknya dalam menyampaikan informasi kita menghubungkannya dengan kehidupan nyata kita sekarang agar info yang diberikan lebih mengena. Lalu, menurut pengamatan beberapa orang ilmuwan bahwa orang yang mendengarkan presentasi itu paling lama hanya dapat focus sekitar 10 menit.Oleh karena itu, diharapkan setiap 10 menit kita memberikan sesuatu yang menarik perhatian orang-orang seperti video ataupun permainan. 

            Nah, sekian dulu dari postingan saya kali ini. Saya harap semoga berguna bagi kita semua untuk kedepannya. Terima kasih!!
               

No comments:

Post a Comment