Thursday, December 22, 2011

BLACK DEATH DI EROPA


Hmm. Siapa yang gak tahu peristiwa Black Death ini?? Mungkin sebagian orang tidak tahu adanya kejadian ini. Peristiwa ini saya tahu dari salah satu sumber di sebuah web yaitu di http://www.faktaunik.com. Kasus ini memang sudah terjadi lama sekali di Negara Eropa. Peristiwa ini pernah terjadi di Eropa sekitar tahun 1347 dan 1351. Bagi orang-orang mungkin Black Death ini semacam kasus pembunuhan dengan menggunakan sihir hitam atau sebagainya. Tetapi sebenarnya disebabkan oleh wabah penyakit yaitu wabah penyakit PES dan radang paru-paru. Black Death ini merupakan salah satu peristiwa yang paling buruk dan berat yang dihadapi oleh orang-orang Eropa pada jaman itu. 

Wabah penyakit PES dan radang paru-paru yang disebut Black Death ini telah membuat hampir 40 juta orang meninggal dunia. Dulunya, menurut orang-orang penyakit ini berasal dari Negara China tetapi ditularkan ketika orang-orang Mongol menyerbu dengan membuang jenazah yang terinfeksi Black Death di tengah-tengah keramaian di sebuah pusat perdagangan di sebuah kota di Crimea. Tidak menjelang beberapa lama wabah itu langsung menyebar ke Genoa sekitar tahun 1347. Lalu berlanjut terus menyebar hingga mencapai London dan Paris pada tahun 1348.








Wabah Black Death ini awalnya dibawa oleh kutu tikus yang juga dapa tumbuh di tubuh manusia. Setelah itu ketika sampai manusia wabah ini kembali menyebar ketika batuk dan bersin ( bisa dibayangkan ketika kita batuk atau bersin saja sudah dapat menulari orang yang ada disekitar kita. Benar-benar penyakit yang sungguh mengerikan). Ketika wabah ini menyebar banyak kota-kota yang menjadi sepi dan kosong dan bahkan di tanah-tanah banyak bergelempangan mayat akibat korban kematian dari Black Death ini. Kejadian ini di Eropa banyak menyebabkan penurunan tenaga kerja sangat drastis. Hal itu membuat banyak tenaga kerja yang pendapatannya meningkat berlipat-lipat. 

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa di dasar bangunan Evora Chapel di Portugal adalah merupakan kerangka-kerangka dari mayat-mayat akibat dari korban peristwa Black Death ini.

Nah, sekian dulu dari postingan saya kali ini. Postingan ini sengaja saya tulis karena menurut saya menarik. Saya mendapatkan sumbernya dari salah satu artikel di web kesukaan saya yaitu http://www.faktaunik.com. Terima Kasih!!!!


No comments:

Post a Comment