Sunday, November 27, 2011

Ada virus di Linux!!!



Kali ini saya akan memberikan artikel mengenai linux.. Kata siapa Linux kebal dari virus??? Virus di linux dibuat pertama kali tahun 1996 yang bernama Staog dan Bliss. Beberapa contoh virus di linux: Alaeda, Bad Buny, dan masih banyak lagi.

Pada linux (Linux mint), virus yang berkembang sebagian besar adalah virus yang berasal dari window. Virus Window dapat masuk ke dalam linux dikarenakannya ada sebuah aplikasi yang disebut WINE. WINE adalah aplikasi untuk membuka app windows di linux. Pada linux mint untuk menghentikan virus window yang berhasil masuk karena WINE, kita harus menonaktfkan WINE image.exe lalu baru menghapus virusnya. Selain itu sebenarnya ada lagi cara yang lebih pasti seperti menguninstall WINE lalu install lagi WINEnya. Maka virus tersebut bakal hilan.

Dampak-dampak virus pada linux mint tidak seperti virus-virus pada window yang dapat merusak,menjangkiti, dan mengutak-ngutik sistem operasi. Tetapi virus pada linux mint hanyalah sebagai peganggu saja seperti duplikasi ke folder-folder yang ada.

Kenapa di Linux Virus lebih susah untuk berkembang????
  • Linux adalah sistem operasi yang didesain untuk multiuser. Sehingga keamanannya terjaga dan susah untuk ditembus virus.
  • User tidak dapat mengubah sistem yang ada. Jadi seandainya ada virus hanya bisa memodifikasi berkas-berkas luar saja
  • User dapat menginstal sebuah aplikasi pada home directorynya, tapi jarang aplikasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna lainnya.Sehingga virus susah untuk masuk. 

    Bagaimana penanganan Virus di Linux?
    • Menggunakan firewall untuk memperkuat keamanan pada linux.
    • Bisa menggunakan antivirus yang compatible dengan distro linux tertentu. Misalkan pada linux mint dapat menggunakan antivirus tertentu seperti clamAV .Dan masih banyak lagi.

    Nah, sekian dulu artikel dari saya.. terima kasih!!!

No comments:

Post a Comment